Durasi (Dan Ukuran) Itu Tidak Penting!

Wednesday, August 20, 2014

tumblr_mgcffi3lF91rpjv8co1_500
Durasi lagu memang bermacam-macam. Dari yang hanya beberapa detik saja hingga yang lebih dari 30 menit. Namun kebanyakan lagu rata-rata berdurasi antara 3-4 menit. Dan entah kenapa, ada banyak lagu favorit saya yang berdurasi pendek. Lebih pendek dari ukuran titit bayi (atau kalian). Lagu-lagu bagus tersebut berdurasi kurang dari satu menit, kurang dari dua menit atau dua menit lebih sedikit. Lagu-lagu berdurasi sebentar tapi enak ini memberikan saya bukti, bahwa durasi (dan dengan mengesampingkan ukuran, karena dalam konteks ini, ukuran tidak berlaku) tidak terlalu penting. Yang penting berkesan, dan enak.
Dan dibawah ini ada 20 lagu bagus-tapi-pendek favorit saya.

1. Blink 182 – Happy Holiday, You Bastard
Saya besar mendengarkan Blink 182, dan Happy Holiday, You Bastard ini adalah salah satu lagu favorit saya yang berdurasi kurang dari satu menit. Mendengarkan lagu ini seperti mendengarkan seseorang yang marah sama kita. Rapat, tanpa basa-basi, dan langsung pada intinya.
2. The Boy Least Likely To – God Takes Care of the Little Things
Entah kenapa, dari sekian banyak lagu The Boy Least Likely To, saya menyukai lagu ini. Mungkin karena terkesan simple dan… manis. Diawali dengan genjrengan gitar yang simpel dan dibayang-bayangi oleh permainan suling sakti berbarengan dengan suara Jof Owen yang merdu. Everything ends. The way it begins. God takes care of the little things.
3. J Dilla – U-Luv
Pertama kali saya mendengarkan J Dilla adalah ketika SMA. Saya lupa lagi kelas berapa. Yang pasti itu terjadi ketika saya pertama kali bersentuhan dengan musik hip-hop. Dan track ini, track yang manis ini, pernah saya masukin ke cd mixtape yang saya kasih ke kakak kelas yang saya suka waktu itu. OMG SO SWEET. No shut up.
4. Saturday Night Karaoke – Indie Rock 101 : How To Melt A Hipster In Less Than 2 Minutes
Lagu ini sepertinya diciptakan Prabu (Vokalis & gitaris Saturday Night Karaoke) sebagai panduan dan dorongan bagi kita untuk mendapatkan dedek-dedek-hipster-nan-urban-yang-cuma-mau-dengerin-rekomendasian-dari-Majestic-Casual. Dan lagu ini adalah track SNK favorit saya. I REALLY WANNA MAKE OUT WITH YOU…
5. Melting Bitches – Trolley Race
Melting Bitches adalah salah satu rooster dari record label indie pop yang sangat cult di skena lokal Indonesia, HeyHo! Records. Dan Trolley Race ini adalah lagu mereka favorit saya. Entah kenapa, tapi lagu ini memberikan efek yang setara dengan narkotik bagi telinga saya.
6. Primal Scream – Velocity Girl
Track ini juga muncul di NME’s C86 Compilation. Tapi saya lebih dulu tau track ini dari Crystal Crescent/Velocity Girl yang saya dengarkan di awal-awal masa SMA saya gara-gara baca artikel yang bawa-bawa nama Primal Scream di majalah Ripple. Dan oleh karena itulah, lagu ini adalah lagu Primal Scream pertama yang saya dengarkan. Dan memang, biasanya selalu lagu pertama yang didengarkanlah yang akan selalu diingat?
7. The Stone Roses – Elizabeth My Dear
Pada dasarnya, semua lagu Roses di album debut mereka itu adalah favorit saya. Nuff said.
8. Touché Amoré – ~
Track pertama dari album Parting the Sea Between Brightness and Me ini adalah track favorit saya dari Touché Amoré. Mungkin karena liriknya: If actions speak louder than words/ I’m the most deafening noise you’ve heard/ I’ll be that ringing in your ears/ That will stick around for years.
9. Saves The Day – Three Miles Down
Ini adalah lagu Saves The Day yang saya dengarkan pas masa-masa SMP dulu. Awalnya saya pikir Saves The Day adalah band emo-acoustic semacam Dashboard Conventional. Tapi setelah saya dengarkan full albumnya, ternyata Saves The Day adalah band pop punk yang kelak jadi band pop punk favorit saya disamping Blink 182, Descendents dan The Ergs!
10. The Vaccines – Noorgard
Jika saya mendengar nama The Vaccines, maka lagu yang pasti muncul di kepala saya adalah Noorgard. Band yang sangat kental unsur Ramonesque-nya ini menjadi top artist di last-fm saya selama beberapa minggu di masa-masa nganggur paska-UN saya beberapa tahun lalu. Dan track ini adalah favorit saya.
11. Another Sunny Day – I’m In Love With A Girl Who Doesn’t Know I Exist
INI ADALAH LAGU FAVORIT SAYA SEPANJANG MASA! (SORRY FOR THE CAPSLOCK MATES BUT OMG THIS SONG IS AMAZINGLY BRILLIANT) Dari mulai intro saja, lagu ini sudah membuat saya menggelinjang saking enaknya (?). Hingga kemudian bro Harvey (Saya menggunakan panggilan ‘bro’ karena saya selalu merasa ada ikatan emosional antara saya dan Harvey Williams) bernyanyi dengan suara yang sendu menyanyikan lirik yang kalau kata anak urban sekarang ‘gue banget sob’. Dan kenapa lagu ini hanya berdurasi satu menit empat puluh dua detik?!
12. Best Coast – Crazy For You
Crazy For You-nya Best Coast ini pasti jadi soundtrack bagi siapapun yang sedang madly in love with his/her partner. Track yang sangat straight to the point tanpa lirik-lirik ultra-romantis penuh kata-kata puitis yang klise. Tanpa basa-basi.
13. Comadre – Cold Rain
Comadre adalah band modern skramz yang memainkan musik skramz dengan musik yang terdengar seperti bukan band skramz. Ngerti nggak? Pokoknya, kalo dengerin Comadre tanpa vokal, musiknya terdengar seperti band indie rock, tapi jika ditambah vokal, akan terdengar jadi band skramz. Pokoknya gitu. Dan ini track favorit saya. Sayang mereka sekarang bubar.
14. The Smiths – Please, Please, Please Let Me Get What I Want
Siapa yang tidak menyukai lagu The Smiths yang satu ini?
15. Sex Sux – I Got Bones (In The Kitchen)
Hampir semua track Sex Sux berdurasi kurang dari tiga menit dan saya bingung mau masukin yang mana karena semuanya favorit saya. Tapi pada akhirnya track ini adalah yang paling sering saya dengarkan.
16. Teenage Fanclub – What You Do To Me
Track ini adalah track yang mengenalkan saya pada Teenage Fanclub. Mundur kembali ke 2007 (atau 2008 ya?) disaat saya sedang buka-buka internet, i randomly found the video on youtube. Dan darisana, saya langsung jatuh cinta sama Teenage Fanclub.
17. Blur – Song 2
C’mon man… it’s Blur! I guarantee this song will make people jump and start to shout the ‘WOO HOOO’ part. Another great track from Blur.
18. Little Joy – Unattainable
Track yang manis; Aura pantai di musim panas. Ukulele. Floral print skirt. Rayban Glasses. And you.
19. The Ergs! – Saturday Night Crap-O-Rama
Track ini adalah favorit saya dari The Ergs!. Menghentak dari menit pertama. Rapat, kencang dan tanpa basa-basi.
20. Tiger Trap – Words and Smiles
Tiger Trap adalah band twee pop/noise pop favorit saya. Semua membernya perempuan dan mereka memainkan twee pop yang manis dan berisik. Gitar yang fuzzy dan permainan drum yang menghentak namun dengan lirk yang manis, ini adalah perpaduan yang menarik.
***
Post-scriptum: 20 track diatas hanyalah sebagian dari betapa banyaknya track dibawah 3 menit favorit saya. Kalau memang saya masukkan semua, pasti akan ada lebih dari 50 atau bahkan 100 lagu di postingan ini. Ini bikin list 20 lagu aja saya capek, apalagi sebanyak itu.

You Might Also Like

0 comments

Subscribe